BREAKING NEWS
Loading...

Iklan

Arizal & Nadia

Alhamdulillah, akhirnya kutemukan dirimu wahai belahan jiwaku..

Era Digital

Mari songsong era digital dengan penuh semangat dan percaya diri.

Hidup itu indah

Hidup adalah anugerah.

Karya

Terus belajar dan berkarya.

RIZALmedia

Disinilah semua ide dan gagasan saya persembahkan.

Kepanjen Idol

Sebuah wadah yang saya persembahkan untuk mendukung generasi muda kita.

Komunitas Blogger Indonesia

Sebuah komunitas yang saya dirikan dan persembahkan untuk kawan-kawan para blogger dari seluruh Indonesia.

Radio Kepanjen FM

Media radio yang pernah saya dirikan untuk misi hiburan dan pendidikan.

Tentang Arizal

Wawasan

Belajar Blog

Belajar Desain Grafis

Belajar Multimedia

RIZALmedia

Software

Belajar Media Sosial

Film

Hiburan


Saat ini kita telah berada di tengah-tengah teknologi. Berbagai kehidupan kita tidak lepas dari peran serta teknologi. Yang termudah adalah ponsel pintar atau smartphone kita, termasuk komputer atau laptop kita. Ketika kita mau merenungkan, seberapa lama sih, kita selalu bersama "mereka"?.

Nah, saat kita sudah sadar, saat ini kita telah berada di tengah-tengah teknologi, timbul pertanyaan yang lebih penting, "Kita sedang mengendalikan atau dikendalikan teknologi sih,?"

Kalau kita berpendapat, jelas kita yang mengendalikan teknologi. Oh iya? Bukannya semua algoritma di berbagai perangkat teknologi kita adalah buatan orang lain, dan kita telah mengikuti mereka semua.

Media Sosial alias medsos juga demikian. Semua memiliki perintah-perintah yang kita akan mengikuti perintah tersebut. Ya, demikianlah semua algoritma bekerja.

Saat kita akan mengupload status di medsos kita untuk pagi ini saja, misalkan, maka pertama kita harus membuka smartphone atau komputer kita. Lalu, kita harus membuka medsos kita. Kita buka dulu beranda mungkin, untuk menyaksikan berbagai status milik orang lain di beranda kita, lalu cara post status kita buka bagian mengetik status, kita juga menambahkan foto mungkin, atau video, dan lalu kita klik post.

Semua bagian halaman di medsos kita. Kita telah menghafalnya. Ada perubahan sedikit saja di beberapa fasilitasnya, maka kita akan belajar lagi. Nah, seperti itulah, sejatinya kita telah dikendalikan algoritma orang lain juga. Kita telah dikendalikan teknologi juga.

Nah, sekarang timbulah fakta baru, "Cara berfikir manusia secara umum di dunia ini akan berkembang dan berganti mengikuti algoritma yang telah diciptakan banyak orang tersebut." 

Dalam berjalannya waktu, akan ada perang algoritma. Setiap orang akan berusaha menciptakan teknologi dalam bentuk apa pun itu. Misal dalam bentuk media sosial. Lalu akan menciptakan trend baru. Menciptakan algoritma baru. Setelah itu cara berfikir manusia akan berubah dan mengikuti mereka.

Ya, teknologi adalah media mempengaruhi semua manusia dengan mudah saat ini. 

Saat ini, setelah sadar dengan hal ini, hal yang terpenting adalah, bagaimana cara kita mengendalikan teknologi?, agar tidak melulu kita dikendalikan teknologi.

- Arizal Firmansyah -
Pendiri dan Pembina Yayasan Indonesia Digital Merdeka

Saatnya Berbagi :
Share on WhatsApp
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:

Tag Terpopuler


Top